Kamis, 12 November 2015

Beberapa Sebuah soal Berlibur pada Pulau Pulau Lombok

Sudah lama penulis tidak bercerita lagi tentang daerah-daerah prioritas wisata pada Indonesia. Dikarenakan kini selalu terbawa liburan natal dengan tahun terupdate, saya bakal mencoba bercerita tentang pengalaman lalu saya ke Pulau Lombok diiringi dan ucapan selamat tahun update kepada seluruh pembaca web blog itu. Selamat memanfaatkan yaa..??

Oiya sambil membaca halaman itu, alangkah baiknya sambil ditemanin juga lagu yang tak sengaja saya temukan berikut itu :
RUTE Menuju Lombok

Untuk memuaskan dahaga teman-teman yang serta harap mengunjungi Pulau Lombok namun tetap membutuhkan berita soal tata trik menuju kesana, baiklah pada poin pembuka ini akan saya jelaskan bagaimana caranya menuju kesana.

Seperti yang kamu ketahui Lombok yaitu satu diantaranya pulau prioritas wisata yang ada dalam sebelah timurnya Bali. Pulau ini merupakan salah satu dari 2 pulau terbesar yang dimiliki oleh Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau tersebut lebih kurang berbentuk bulat juga seperti ekor sampingan di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau tersebut mencapai lima.435 km², menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya dalam dunia. Kota nomor satu di pulau itu ialah Kota Mataram.

Berada dua trik untuk ke Pulau Pulau Lombok, adalah serta jalur udara dengan laut/darat.

Seumpama menggunakan jalur udara, perjalanan ke Lombok mampu ditempuh serta menikmati pesawat terbang dari Jakarta. Jarak tempuhnya kira-kira sekota 4 jam seumpamanya transit pada Yogyakarta atau Surabaya; atau penerbangan langsung dalam waktu 1 jam 33 menit.

Andai berangkat dari Bali, anda mampu memakai jalur darat/laut. Pertama-tama rute yang anda tempuh adalah rute menuju Pelabuhan Padang Bai. Kemudian kemudian serta memanfaatkan kapal ferry ke pelabuhan Lembar. Biaya sewa kapal ferry merupakan sebesar Rp. 101.000,- untuk sepeda motor serta RP. 670.000,- untuk mobil.

Di pelabuhan ini anda berhasil memilih kapal ferry sesuka hati anda serta menunggu jadwal keberangkatan kapal setiap 30 menit. Menjadi seandainya kapal yang dijadwalkan berangkat adalah kapal yang sampingan juga jelek, tunggulah jadwal yang lain seumpama kita berharap memanfaatkan perjalanan lautnya.

BAHASA

Sekitar 80% penduduk pulau tersebut sebagai suku Sasak, yang menikmati bahasa Sasak merupakan bahasa utama dalam percakapan sehari-hari. Pada semua Pulau Lombok juga bahasa Sasak berhasil dipertemukan di empat berbagai dialek yang berbeda yakni dialek Lombok utara , tengah, timur laut juga tenggara. Selain itu serta banyaknya penduduk suku Bali yang berdiam dalam Pulau Lombok (sebagian besar dari dari mantan Kerajaan Karangasem), pada beberapa lokasi terutama pada Lombok Barat juga Kotamadya Mataram mampu dijumpai perkampungan yang menikmati bahasa Bali sebagai bahasa percakapan sehari-hari.

Sejarah

Kepada isi Babad Suwung, kerajaan tertua yang berada dalam Pulau Lombok yaitu Kerajaan Suwung yang dibangun juga dipimpin menurut Raja Betara Indera. Kerajaan Suwung selanjutnya surut juga digantikan tetapi Kerajaan Pulau Lombok. Pada masa ke-9 sampai abad ke-11 berdiri Kerajaan Sasak yang selanjutnya dikalahkan oleh salah satu kerajaan yang datang dari Bali di saat tersebut. Bermacam kerajaan lain yang pernah berdiri di pulau Pulau Lombok antara lain Pejanggik, Langko, Bayan, Sokong Samarkaton serta Selaparang.

Masuknya Jepang (1942) membuat otomatis Lombok ada pada bawah kendali pemerintah pendudukan Jepang negara timur. Setelah Perang Global II Pulau Lombok sempat ada di bawah Wilayah Indonesia Timur, sebelum kemudian pada musim 1950 ikut serta serta Republik Indonesia.

OBYEK Liburan PANTAI

Pemandangan alam di Pulau Lombok walopun klise tetapi sungguh benar indah hanya sekali, tetap unik berciri khas negara nusa tenggara. Yang sangat mengesankan ketika berwisata ke Lombok adalam pemandangan alam yang berupa pantai. Pulau Lombok tetap tangkas memadukan pemandangan pantai, bukit-bukit serta Gunung Rinjani serta sedikit tampak Gunung Agung dari kejauhan. Selain pantai daratan, terdapat juga exotisme pemandangan laut dalam Pulau Gilis.

Berikut yaitu lokasi berlibur pantai pada Pulau Lombok yang terkenal :

1. Pantai Senggigi

Salah satu pantai yang pasti populer dalam Lombok ialah Pantai Senggigi, yang terdapat di Pulau Lombok Barat. Pantai tersebut mencurahkan pemandangan bawah laut yang indah, cocok untuk bersnorkling karena lengkungan pantai tersebut memiliki ombak yang bukan terlalu besar. Apabila kamu berencana berkunjung ke Pantai pasir putih dan lokasi budi daya mutiara air ini, silahkan disatukan rutenya serta ke obyek liburan lainnya, semacam pasaran tradisional Ampenan (Kebon Roek), Pura Batu Bolong (Pura di kontra batu karang yang lokasinya menjorok menuju tengah laut. Puncak Gunung Agung Bali tampak lanjut dari Pura itu) , juga Desa Mangsit (pemandangan laut + sekumpulan pohon kelapa)

2. Pulau Gili Trawangan, Gili Meno, juga Pulau gili Air

Pulau Gili terletak di lepas barat laut Pulau Pulau Lombok. Ketiga pulau itu memperoleh pemandangan pantai yang mengagumkan. Lautnya dangkal juga ombak yang bukan besar, sehingga cocok aktifitas snorkling. Silahkan menuju Pelabuhan Bangsal andai anda ingin berwisata ke ketiga pulau kecil itu. Pulau gili Trawangan terletak pasti jauh, Gili Meno ada ditengah-tengah, kemudian yang terdekat ialah Gili Air. Harga kapal untuk menuju ketiga pulau kecil tersebut sebagai 10.000 rupiah juga momen perjalanan selingkungan 30 menit-an. Gili yang paling terkenal dengan ternama sebagai Pulau gili Trawangan, tetapi pilihlah Gili Air dan Pulau gili Meno jikalau kita mengharapkan suasana yang lebih bersih, santai dan sedikit orang. Oiya, air yang dipakai disini selalu asin loh, menjadi jangan lupa bawa persediaan air mineral yang cukup dan seandainya perlu bawa persediaan air untuk mandi. Listrik dalam ketiga pulau Pulau gili ini disuplai dengan memanfaatkan tenaga diesel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar